The 'Nyasar' Expert

Setelah pengalaman berkali-kali nyasar ketika mau ke suatu tempat, call me 'The Nyasar Expert' (kalo The Lost Expert ntar pengertiannya malah jadi si ahli yang hilang).

Kasus 'nyasar' atau tersesat ini bisa disebabkan banyak faktor seperti: 1. Lupa rute jalan, 2. Malu bertanya saat tidak tahu rute, 3. Kebablasan. Yang paling sering saya alami adalah poin pertama. Parah memang.

Pada dasarnya, nyasar itu banyak hikmahnya. Gausah panik.. Kalo sedih dan bingung masih wajar lah... Itung-itung berpetualang menemukan jalan baruu hihi.

Saya pernah kesasar waktu saya mau ke rumah temen di daerah Cikaret, Cibinong. Sebenernya saya udah pernah beberapa kali ke rumah dia, tapi karena bareng temen yang lebih hapal jalan ya jadi saya tinggal ngikut dia aja, dan kali ini saya cuma sendiri. Saat itu saya naik angkot yang rutenya jarang saya lewati. Itu hari Jum'at sekitar jam 11. Temen saya yg saya mau datengin laki-laki, otomatis saya ga bisa minta jemput karena dia pasti mau sholat Jum'at. Jadi saya kontakan sama Umminya... Singkat cerita, saya itu udah ngiterin setengah RWnya kira-kira, padahal dari jalan turun angkot tinggal jalan terus beberapa belokan dan nyampe -_- dan saya baru nyampe rumahnya jam setengah 1 siang.

Saya juga pernah ngalamin kasus lain. Gak sampe nyasar, cuma gatau jalan. Saya asal kelahiran Kota Bogor tapi dulu waktu saya kecil jarang banget diajak jalan-jalan apalagi piknik sama bapa ibu saya... Baru semenjak SMP aja mulai hangout sama temen-temen dan wilayah jajahan semakin meluas setelah kuliah, tapi Bogor pun belom semua dijejaki..

Suatu hari, saya mau ada acara di Cifor, Kabupaten Bogor. Sebelumnya saya juga pernah kesitu sama adik saya, lokasinya jauh dari jalan raya dan lewan kebon gitu, dan itu siang-siang saya jalan sama adik sayanya, sementara kali itu saya sebagai tuan rumah menemani bintang tamu orang Sukabumi yang tentu aja ga terlalu tau Bogor. So, karena ketidaktahuan saya akan medan yang saya tempuh, saya aktif nanya-nanya orang di angkot.
Malu bertanya, sesat dijalan
Prinsip yang mesti dipegang biar ga nyasar. Dan pas itu saya ditanya, "Emang asalnya darimana?". Saya jawab "Jatinangor"
Jika kamu tersesat, jangan tunjukkan bahwa kamu adalah pribumi
Itu prinsip saya. Karena kalo pas itu saya bilang masih salah-satu daerah di Bogor rasanya agak memalukan gitu masa orang Bogor ga tau Bogor walau memang sangat beda antara Kota dan Kabupatennya. Dan kalo kita seperti pendatang, orang akan lebih senang membantu hehehe.

 Kayak waktu kemarin, saya ada keperluan di daerah Rancaekek, Kab.Bandung dan pas mau pulang ada angkot jurusan Majalaya-Cileunyi. Batin saya, oh ya saya bisa naik angkot terusan dari Cileunyi. Saya naik tanpa nanya lagi. Tanpa saya sadari mungkin Cileunyi udah terlewat, soalnya jalannya lamaa banget dan kaya ngelewat pemukiman gitu. Dan ternyata saya udah deket Majalaya -_-. Abang angkotnya dari setengah perjalanan udah ngeliatin saya dari spion dalem angkotnya (abangnya masih muda, mata abang angkotnya charming binggow keliatan dari kacanya ^w^). Karena takut makin jauh, saya nanya sama abangnya "A, kalo mau ke Cileunyi masih jauh?" dengan aksen Indonesia ga pake 'cengkok-cengkok' Sunda. "Aduh salah neng, naik yang satu lagi..." "Wah.." kata saya. "Turun disini aja Neng, naik angkotnya yang ini". Abangnya nunjuk angkot yang jurusannya sama tapi dari arah sebaliknya. "Oh gitu, ongkosnya jadi berapa, a?" Saya cuma punya uang 8.000, selainnya 100ribuan. "Tiga ribu aja deh kasian" katanya, padahal kalo normalnya sampe situ ongkosnya 8.000. Uang saya tinggal 5.000. Diangkot yang baru dengan 'jalan yang benar' saya bilang dulu sama abangnya kalo uang saya 100ribu takut ngerepotin abangnya kalo ga punya uang buat kembalian. Saya lagi-lagi ngomong dengan aksen Indonesia. Pura-pura kurang ngerti daerah situ aja biar ga malu banget udah nyasar hehe. Alhamdulillah akhirnya saya bisa nyampe asrama dengan selamat.

Terimakasih buat orang yang udah ngebantuin orang yang kesasar dan ga tau jalan, terutama abang angkot yang baik dan ga nipu para pendatang dengan ngajak muter-muter biar dia dapet duit buat setoran. :)

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Prancis #1 : Kata Ganti Orang (Pronom Sujet)

First Time Rontgen Gigi!

“Bade Disepétan Teu?”