Belajar Bahasa Prancis #1 : Kata Ganti Orang (Pronom Sujet)

Qu'est-ce qu'un pronom? 
(Apa itu kata ganti?)

Pronom (kata ganti) adalah kata yang menggantikan
-> Un nom (nama) :
Le chien aboie. (Anjing itu menggonggong) menjadi Il aboie. (Ia menggonggong). Maka Il (ia) adalah pronom personnel sujet (kata ganti orang (subjek)).

-> Un groupe nominal (kata benda) :
Paul lit ce livre. (Paul membaca buku ini) menjadi Paul le lit à haute voix. (Paul membacanya dengan suara yang lantang). Maka Le (-nya) adalah pronom personnel complément d'objet (kata ganti objek)

Nah, sekarang kita akan fokus dulu ke pronom sujet karena bahasa Prancis itu bentuk verbanya berubah sesuai subjeknya (dan atau faktor lain) macam bahasa Arab gitu. Kalo di bahasa Arab istilahnya tasrif, kalo di Prancis istilahnya conjugaison (konjugasi). Fenomena ini istilah linguistiknya : berfleksi. 

Les pronoms personnels sujet indiquent qui fait l'action évoquée. 
(kata ganti orang menandakan siapa yang melakukan tindakan yang diacu)
Paul lit ce livre. (Paul membaca buku ini) -> Il lit ce livre. (Ia membaca buku ini)
Yang ditandai adalah Paul sebagai pelaku tindakan.

Les pronoms personnels sujets sont :
(kata ganti orang ini diantaranya)

Je
Saya
Kata ganti orang pertama tunggal
Tu
Kamu
Kata ganti orang kedua tunggal
Il
Dia (lk)
Kata ganti orang ketiga tunggal
Elle
Dia (pr)
On
Kita
Kata ganti orang pertama jamak
Nous
Kita/kami
Vous
Anda/kalian
Kata ganti orang kedua jamak
Ils
Mereka (lk)
Kata ganti orang ketiga jamak
Elles
Mereka (pr)

Pronom sujet ini hanya berlaku untuk subjek aja ya, kalau posisinya sebagai objek, aturannya pake complement objet direct (COD) atau complement object indirect (COI) dan kalau ingin menyebut kepemilikan aturannya pake adjectif possesif.

Contohnya
Saya
adalah
mahasiswa
Je
suis
étudiant
SUJET
VERBE
OBJET

Kita
suka
belajar
Nous
aimons
étudier
SUJET
VERBE
OBJET

Dalam bahasa Prancis, ada banyak pronom supaya gak terjadi pengulangan kata. Yang menurut saya paling dasar untuk diketahui dan diingat ya pronom sujet ini, supaya gampang nantinya juga pas belajar konjugasi kata kerja dan praktik berbahasa lainnya.

Je
Artinya saya, aku, gue, pokoknya pengganti orang pertama tunggal. Sejauh ini yang saya tau baik itu formal maupun informal bentuknya sama aja je. Saat je bertemu verbe (kata kerja) yang huruf awalnya voyelle (huruf vokal) macam 'aimer' (suka/cinta) dan pada fenomena argot (bahasa gaul), je akan kehilangan huruf 'e' dibelakangnya. Jadi : Je + aimer = j’aime.

Tu
Artinya kamu, dan apapun yang sepadan untuk menyebut orang kedua tunggal. Sifatnya nonformal, jadi kita cuma menggunakan tu ke orang-orang yang terdekat dan akrab atau yang sudah bersepakat untuk se tutoyer (ber-aku-kamu) : teman, sahabat, keluarga (termasuk ayah, ibu, kakek, nenek), pacar, anak-anak. Sama kayak je, tu berubah jadi t’ ketika bertemu verbe yang huruf awalnya voyelle. Tapi untuk konjugasi tu + être, tetaplah baca/tulis tu es. T’es, itu sifatnya informal karena sebetulnya dia bahasa argot.

Il/elle
Artinya dia. Sifatnya general, formal dan informal. Kalo di bahasa Inggris ada he, she, it; di Prancis cuma dua ini. Padanan untuk ‘it’ disesuaikan antara il/elle ini karena nom (kata benda) dalam bahasa Prancis memiliki genre (jenis kelamin). Il/elle tidak melebur kayak je dan tu ketika bertemu voyelle.

On
Artinya kita dalam konteks informal, jadi kalau kita bikin tulisan dan berbicara kepada orang yang patut disopani, gunakan nous. Dalam konteks bahasa tulisan, on kadang dipakai untuk menyebut ‘orang-orang’. Baik itu yang 'teridentifikasi' maupun 'tidak teridentifikasi' siapa yang dimaksudnya. Misal on parle en Bahasa (orang-orang berbicara dengan bahasa (Indonesia)).

Nous
Artinya kita/kami. Bisa formal, bisa informal. Btw, kalau ingin menyebut ‘kita’ tanpa kata ganti, misal ‘saya dan teman saya’ bahasa Prancisnya ‘mon ami et moi’; orang lain yang terlebih dahulu disebut sebelum diri kita. Kenapa? Karena bagi orang Prancis kalau menyebut diri sendiri duluan, itu sombong.

Vous

Vous ini memiliki dua makna, yang pertama berarti Anda. Bentuk formal untuk menyebut 'kamu,. Gunakan vous ketika berbicara dengan orang yang baru kita temui, guru, orang yang jabatannya lebih tinggi, tetangga pun di Prancis se vouvoyer pokoknya untuk yang sudah dewasa.

Ils/elles
Artinya mereka. Kalau 'merekanya' terdiri dari laki-laki semua, gunakan ils. Kalau terdiri dari perempuan semua, gunakan elles. Kalau terdiri dari keduanya, aturannya pake ils.

Sekian postingan Belajar Bahasa Prancis bagian satunyaa.. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

First Time Rontgen Gigi!

“Bade Disepétan Teu?”