Posts

Showing posts from February, 2018

L'anne bissextile

29 février est un date trés rare! Il est juste passé une fois dans chaque 4 ans. On l’appelle l’anne bissextile. Mais ce date n’est pas trop important pour moi, tout comme un autre jour dans l’année qu’on doit reconnaissant. Pour ce jour, j’ai beaucoup de devoirs à faire. En faite, je me sens paresseux pour le faire, mais c’est mon devoir en tant qu’étudiant pour faire les devoirs. Donc, je devrai le fair bien! J’espère que je gangnerai de bonnes notes pour ce semestre et améliorer mes compétences en française.

Kasih Sayang, Bukan untuk di Komersilkan (Catatan diskusi Perempuan dan Valentine)

Sebelum membaca ini, ada baiknya baca dulu  Sejarah Hari Valentin : Kristenisasi Lupercalia Seperti hari raya lainnya, pengusaha pasti melihat peluang bisnis di hari valentin ini. Pekan kedua Februari 2018 ini saya ke mal dan minimarket sih belum terlalu ramai promo dan dekorasi, tapi di situs belanja online, boneka, coklat, kotak kado sampai alat elektronik kebutuhan rumah tangga sudah pada diskon spesial. Tapi, menurut data survey tahun 2012-2015an, orang Indonesia hanya 18% yang berbelanja untuk kebutuhan valentin dengan buget rata-rata 16 dollar (dibawah 200rb rupiah lah kira-kira), terendah kedua dari seluruh negara yang ada di Asia Pasifik ( Konsumerisme Valentine, Cintaku Mahal di Modal ). Saya belum punya informasi data presisi tentang apa saja yang laris manis di Indonesia pada hari valentin dan berapa kuantitasnya... Tapi coba kita rinci, apa barang apa saja kira-kira bisa mengekspresikan ‘kasih sayang’? Bunga, coklat atau permen, boneka, dan barangkali (maaf) kondom.

Sejarah Hari Valentin : Kristenisasi Lupercalia

Image
Bismillahirrahmanirrahim.. Sehubungan dengan request ngisi kajian tentang Hari Valentin, saya yang sudah sekian tahun mencoba untuk tidak membahasnya karena kalo diinget-inget nanti malah jadi ikut merayakan (gak akan sampe segitunya, sih.. tapi  naudzubillah! ) akhirnya mencari referensi-referensi terkait ini dan waaaaah merasa ini interested banget sehubungan dengan hobi saya kalo belajar sesuatu mesti ngerunut sejarah. Apalagi major saya banget bahas Eropa. Tapii allahu a'lam bisshawwab mengenai kevalidannya, saya mencoba berhati-hati dengan referensi saya yang sedikit ini, karena konon bisa jadi ada pengaruh sastra bergenre fiksi-historis dibalik tulisan-tulisan tentang Valentin. Saya coba menyajikan rangkuman sejarah valentin yang saya dapat dengan timeline www.history.com Pada daerah yang terletak di bagian lintang-tengah bumi, pergantian musim salju ke musim semi terjadi di sekitar bulan Februari. Orang Roma kuno mengasosiasikannya dengan bulan cinta d