Enak belajar daring atau luring?

Sebulan ini kita diminta untuk membatasi interaksi langsung. Sehingga aktivitas sekolah sampai rapat yang tadinya dianggap 'impossible' untuk dilakukan tanpa temu langsung, jadi dijalankan.

Soal dua ini, semua punya preferensi masing-masing. Bagaimanapun, belajar itu enak walau pusing wk.
Tapi prinsip saya sih supaya gak terasa menderita banget: "alhamdulillah kalo pusing... berarti kepalanya masih ada/otaknya masih dipake/kemampuanmu mau bertambah"

Bagi saya sih belajar tatap muka lebih efektif tentunya. Apalagi ketemu gurunya langsung. Plus plus sama dapet barokahnya. Kalo daring, sangat supportive untuk passion rebahanku. Yes 👍. Tapi godaan malesnya lebih banyak dan auto gagal kalo gak punya kuota huvt.
Mau banget nyalahin pemerintah soal infrastruktur jaringan internet yang masih begini dan gak ada kebijakan penggratisan kuotaa 😂

Karena sekarang udah gak belajar tatap muka lagi dan persepsi saya soal banding-bandingan ini cuma segitu aja, saya mau fokus ngoceh belajar daring ah.

Waktu awal mesti mengalihkan semua ke daring, saya coba mikir apa ya selama ini yang jadi hambatan sehingga belajar daring kurang efektif?
Beberapa diskusi online transfer ilmunya fokus cenderung ke kognitif, dengan teks, audio dan video sejauh ini yang saya rasa perlu diupgrade diantaranya:
- kemampuan nulis
- kemampuan membaca dan memahami informasi
- kemampuan bertanya
- kemampuan menjawab
- teknik pengikatan komitmen
- setting output

Misteri ini belum bisa saya pecahkan. Makanya saya coba manfaatin kesempatan ini untuk ikut beberapa grup belajar yang saya perlu ilmunya dan mau liat gimana manajemen pengelolaannya.

Lalu, adakah dari beberapa grup itu yang sudah efektif?
Euh... belum bisa saya ukur. Karena belum ada grup yang saya (ngasal) ikuti yang pake indikator ketercapaian dan follow up.
Walau dikasih pemateri, dan pematerinya yang ngasih ilmu, practically orang-orang di grup itu self-educating. Pernah denger istilahnya kalo gak salah heutagogy. Tapi belum baca sih itu kayak gimana (dari kemaren nulis tapi bilang belom baca wae kumaha sih!)
Kalau pake grup w.a, kita bisa milih mantengin grup untuk bener-bener ikut diskusi dan langsung nanggapi, silent reading atau malah pas jamnya sengaja gak buka grup biar baca hasilnya aja kalo diskusinya udah beres (yang terakhir ini saya baru jalankan tanpa sengaja dan menikmatinya 😂). Video pun bisa fokus nyimak atau enggak Jadi ada atau enggaknya pengisi, tetep kita sendiri yang kemudian ngembangin informasi yang ada dari mereka untuk jadi pengetahuan. Yang begini ini kalo gak pake hati ya bikin gak nempel-nempel ilmunya heu.

Terlepas dari urusan proses, saya bener-bener salut sih buat yang bikin, ngisi dan ikut kelas-kelas daring buat niat belajar. Walau sebenernya selama ini juga udah banyak sih ya kelas online, tapi memang setahun belakangan saya liat makin gak efektif; orang lebih suka ngopdar untuk diskusi walau cuma beberapa orang. Butuh effort untuk bikin sistem diskusi, mikir gimana metode ngomong yang gak bikin ngantuk dan tetap fokus untuk bertahan ikut diskusi yang memusingkan itu.
Apalagi yang bikin kelas gratis beuhh.. Ya Allah semoga ilmunya jadi amal jariyah

(Kalo yang 5T itu jadi jariyah apa, Nid?)

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Prancis #1 : Kata Ganti Orang (Pronom Sujet)

Rasanya Kuliah di Sastra Perancis...

DELF A2 – Je l’ai passĂ©e!